banner 728x250

Bupati buol melaksanakan pengukuhan dan pelantikan

banner 120x600
banner 468x60

==================================

Buol Globalnewsnusantara.co.id Rabu, 14 Juli 2021

Bupati Buol dr. H. Amiruddin Rauf, Sp.Og, MM. Melaksanakan Pengukuhan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Jabatan Administrator, dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Buol. Bertempat di Aula Lantai III Kantor Bupati Buol dan di Kantor BKPSDM Kab. Buol
Selanjutnya mengingat masih dalam Masa Pandemi Covid 19, maka kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan kali ini diselenggarakan pada 2 ( Dua ) Tempat berbeda melalui sambungan Virtual.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Buol, Tim Baperjakat, dan Para Pimpinan OPD dalam kapasitas menghadiri undangan.
Dalam sambutanya Bupati Buol menegaskan bahwa sebagai pejabat, yang paling utama adalah memahami tugas sebagai pelayanan masyarakat.
“Tugas pejabat adalah memberikan pelayanan kepada rakyat. kita harus menyadari bahwa keberadaan kita adalah memberikan pelayanan kepada rakyat. Olehnya para penyelenggara negara ini harus memiliki beberapa kriteria, salah satunya adalah memiliki wawasan yang luas, mereka harus memiliki ilmu yang mumpuni” ujar Bupati.
Menurut Bupati dengan memiliki ilmu yang luas, pejabat dapat menangkap apa yang dibutuhkan oleh rakyat, apa yang menjadi hajat hidup rakyat yang dipimpinnya. Hanya pejabat yang berilmu dan memiliki wawasan yang luas yang bisa menterjemahkan, segala fenomena-fenomena yang menjadi kebutuhan masyarakat.
Sebab menurut Bupati, jika pemimpin tanpa bekal pengetahuan, sebetulnya pada akhirnya pejabat tersebut berpotensi menjadi dzalim atas jabatanya.
“orang-orang yang sudah mendzalimi rakyat adalah mereka yang hanya mengejar jabatan, tetapi tidak amanah atas jabatan itu” lanjut Bupati.
Lebih lanjut bahwa Bagi Bupati, hakikat pengabdian itu dilihat dari bagaimana pemimpin menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Disitulah hakekat pengabdian,
“sumpah yang dibacakan tadi itu berat tanggung jawabnya. Sadar atau tidak, kadang kita bertindak jauh dari Apa yang semestinya. Hal inj akibat ketidaktahuan dan sempitnya cara berpikir kita” tegas Bupati.
Sebagai pejabat, informasi-informasi yang masuk harus betul-betul dikaji secara teliti. Pejabat mesti berada di rel pengabdian. Disitulah esensi seorang pejabat/pemimpin.
Tak lupa, Bupati mengutip kalimat bijak Seorang pemikir di era kontemporer.
“Kita berada pada satu dunia, dimana informasi sangat rapat, banyak sekali informasi yang kita tidak dapatkan, baik sosial media, tetapi kita miskin terhadap pemaknaan dari informasi-informasi yang masuk”
“Bagi seorang pejabat seperti kalian, mesti harus memiliki pengetahuan, agar bisa menangkap makna yang disebut orang dengan “tanda-tanda zaman”. Agar saudara-saudara tidak mengkhianati sumpah jabatan” tutur Bupati.
Bupati Buol melanjutkan lagi, bahwa amanah adalah dasar utama mengabdi pada urusan hajat hidup rakyat.
“Ketika saudara-saudara diberikan amanah, kerjakanlah itu dengan baik. Kalian adalah pilihan, telah diberi kesempatan. Banyak orang yang seperti kalian, namun belum mendapatkan kesempatan” pungkasnya.
Sebab, seorang pejabat yang baik, adalah yang betul-betul membaca apa yang dibutuhkan oleh rakyatnya.
Penghargaan, pangkat bukan esensi. Yang terpenting adalah memiliki kesempatan untuk lebih banyak berbuat. Sebab, mengabdi pada rakyat, adalah mengabdi pada tuhan yang maha esa, sebagai pertanggung jawaban sosial dan juga pada sang pencipta, pejabat harus menghindari tindakan yang berdasar pada hal-hal pragmatis.
” Saya tidak main-main. Tegas bahasa saya. Bagi pejabat-pejabat yang menyalahgunakan kewenangan dan merugikan negara, maka imbalannya adalah “pemecatan”.
“Sebagai figur yang menjadi contoh, jangan coba-coba melanggar aturan, kosekuensinya adalah penurunan pangkat, non-job sampai diberhentikan ” Lanjut Bupati mengingatkan.
Sebelum mengakhiri sambutanya Bupati juga berpesan, agar jangan menyakiti hati rakyat, jangan lukai rasa keadilan rakyat hingga mereka merasa tidak terlayani. Sebab, amanah jabatan adalah totalitas memberi pelayanan kepada rakyat dengan baik dan maksimal.
“Semoga Allah SWT memberi petunjuk pada kita, menolong kita dalam suasana-suasana sulit seperti ini, dimana situasi saat ini kita masih berada dalam suasana pandemi covid 19” ujar Bupati melanjutkan pesanya.
“Dengan iringan ucapan selamat untuk semua yang dilantik pada hari ini untuk segera melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya” tutup Bupati Buol.
Adapun pejabat yang dilantik hari ini terdiri atas Esselon II 1 org, esselon III A 10 org, esselon III B 14 org dan ess. IV A 4 org.
Tampak pula yang dilantik sejumlah 3 ( tiga) orang Camat sebagai hasil pelaksanaan Seleksi Jabatan Camat diantaranya Nasir L Andimaka sebagai Camat Bokat, Rustam sebagai Camat Gadung, serta Syarifudin U Tarakal sebagai Camat Momunu.

banner 325x300

Sumber berita PROKOPIM (tim global)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *