Buol Globalnewsnusantara.co.id Selasa, 11 Mei 2021
Sekretaris Daerah Kabupaten Buol Drs. H. Muhammad Suprizal Jusuf, MM menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Workshop Pemetaan dan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Buol bertempat di Aula CAT BKPSDM Kab. Buol.
Hadir dalam kegiatan tersebut yakni para Sekretaris , dan Para kasubag Kepegawaian Se – Kabupaten Buol.
Sekretaris Daerah Kabupaten Buol dalam sambutanya mengharapkan kepada semua sekretaris dan kasubag – kasubag yang ada di Kabupaten Buol dapat memahami betul apa yang menjadi masalah Sumber Daya Manusia (SDM) pada OPD masing-masing karena Program Pemerintah yang ada sangatlah tergantung pada SDMnya. Terkait dengan SDM Pemerintah Kabupaten Buol membahas tentang Pelatihan PIM IV dan PIM III, dimana beliau mempunyai rencana untuk membuat pelatihan tersebut di kabupaten Buol.
” Walaupun untuk sementara belum dapat dilaksanakan karna permasalahan Covid 19. Tetapi Insya Allah akan diadakan Diklat PIM yang dimaksud”, ujar Beliau.
Pemetaan Kompetensi ASN ini sangatlah Penting, karena ini sangat bersangkutan dengan ASN itu sendiri. Bagaimana kita harus mengetahui keberadaan, kehadiran, cara kerja dan daya pikirnya dalam menghadapi setiap pekerjaan apalagi sekarang dengan Penguasaan Digital Teknologi bisa membuat semakin baik kedepannya.
Selain itu, Kegiatan penilaian kompetensi ini akan diperoleh banyak manfaat. Diantaranya, akan diperoleh gambaran karakteristik pribadi dari pegawai sesuai dengan situasi dan kondisi yang dibutuhkan saat melakukan pekerjaan. Melalui pemetaan ini juga, akan diperoleh hasil rekomendasi rumpun pekerjaan apa yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki pegawai, ada aspek kekuatan dan kelemahan sehingga dapat menjadi acuan yang tepat dalam kegiatan promosi dan rotasi jabatan.
Adapun Manfaat dari pemetaan bagi instansi yakni memudahkan dalam proses pengembangan pegawai, dan mendistribusikan pegawai sesuai dengan unit kerja, serta dimilikinya database sistem informasi pegawai khususnya kompetensi pegawai. Pada tes pemetaan ini lebih pada mencari kecocokan karakteristik diri pegawai dengan tipe pekerjaan yang sesuai.
” Nantinya Hasil dari pemetaan kompetensi akan diserahkan langsung kepada Pejabat Pembina Kepegawain (PPK) untuk dapat ditindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi yang diberikan “. Tutupnya
Sumber berita PROKOPIM (tim global)
